Daftar Istilah Yang Perlu Diketahui Dalam Jailbreak


Pengetahuan dasar tentang jailbreak sangatlah penting untuk difahami apalagi bila anda baru mengenal jailbreak, istilah-istilah dalam jailbreak harus difahami sebelum anda terjun dalam dunia jailbreaking iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV karena ini akan sangat membantu anda dalam mengikuti semua tutorial jailbreak, unlock, downgrade dan lainnya.
Berikut adalah daftar istilah-istilah jailbreak yang perlu anda ketahui:
A
Absinthe: Alat Jailbreak yang diciptakan oleh The Dream-Team, untuk lebih jelasnya bisa anda baca disini.
Ac1dsn0w: Alat jailbreak yang diciptakan oleh Manuel Gebele pada tahun 2011, untuk mendukung tethered jailbreak iOS 5.
Activation: Aktivasi iPhone dengan kartu provider bawaan di iTunes
Activator: Aplikasi Cydia yang mempunyai fitur untuk mengaktifkan suatu aplikasi melalui gerakan/arah sentuh (gesture), contohnya untuk membuka aplikasi settings dengan hanya menyentuh status bar ke arah kiri.

B
Baseband/BB: Dikenal juga dengan sebutan Modem Firmware dan sangat penting dalam melakukan unlock.
Blackra1n: Alat jailbreak yang diciptakan oleh Geohot pada iOS 3.1.2 untuk Windows dan MacOSX (blackweather)
Blacksn0w: Alat Unlock yang diciptakan oleh Geohot untuk baseband 5.11.07
Boot Loop: iPhone tidak berhasil memasuki sistem, hanya menampilkan logo Apple.
Boot tethered: Pilihan yang ada di redsn0w agar iDevice anda bisa memasuki sistem (homescreen). Biasanya hal ini dilakukan pada iDevice yang tethered jailbreak

C
Custom Firmware/CFW: Firmware yang dimodifikasi atau dibuat ulang sebelum dipakai untuk restore di iTunes, biasanya digunakan untuk menghindari ter-updatenya baseband agar bisa di unlock dengan ultrasn0w atau untuk mempertahankan iDevice yang Factory Unlock.

Cyberduck: salah satu software untuk Mac agar bisa mengakses file sistem iDevice yang mempunyai fungsi yang sama dengan i-FunBox untuk Windows (download disini)
Cydia: Aplikasi pihak ketiga yang diciptakan oleh Saurik, yang digunakan untuk meng-unlock iPhone, menginstall tema, tweaks dll.

D
DFU: Device Firmware Upgrade yaitu tahap dimana iDevice belum memasuki sistem yang biasanya digunakan ketika akan di jailbreak pada dalam tahap ini iDevice anda akan blank tanpa muncul logo apapun.

E
Emerency Call Screen: Layar iDevice anda setelah berhasil di restore sebelum di aktivasi.
Erase all Content and Settings: Pilihan yang ada di aplikasi settings, untuk melakukan reset semua pengaturan tetapi jangan sekali-kali dilakukan pada iDevice yang sudah di jailbreak.

F
Factory Unlock (FU): Unlock bawaan ketika anda membeli iPhone, walaupun di restore di iTunes tidak akan menjadi masalah. Tetapi ketika anda Jailbreak iDevice yang FU, harap menggunakan Custom Firmware untuk menghindari terupdatenya basebandkarena apabila baseband terupdate anda akan kehilangan Unlock.
F0recast: Alat jailbreak yang diciptakan oleh ih8sn0w yang dapat memberikan informasi tentang Firmware, baseband dll untuk iPhone anda walaupun dalam keadaan belum di aksivasi.

G
Greenpois0n: Alat jailbreak yang diciptakan oleh Chronic Dev-Team

H
Hacktivation: aktivasi iPhone yang dilakukan oleh alat jailbreak dan melewati aktivasi di iTunes tetapi biasanya Push notification dan Maps tidak berjalan dengan sempurna.

I
iDetector: alat jailbreak yang diciptakan oleh ih8sn0w untuk mengetahui bootrom iPhone 3GS (old bootrom/new bootrom)
iReb: Alat jailbreak yang diciptakan oleh ih8sn0w yang digunakan untuk memasuki tahap DFU sebelum restore iDevice di iTunes (biasanya digunakan ketika anda restore dengan kustom firmware) atau untuk keluar dari Recovery Mode.

L
Limera1n: Alat jailbreak yang diciptakan oleh GeoHot untuk iOS 4.0-4.1 pada Windows dan MacOSX.

O
Option Restore: Teknik Restore yang dilakukan di Mac, yaitu tekan dan tahan tombol Option pada keyboard kemudian klik tombol Restore di iTunes untuk memilih firmware.ipsw Kustom firmware maupun standar firmware.

OTA Update: Merupakan kepanjangan Over The Air Update, yaitu update/upgrade firmware yang dilakukan secara langsung di iPhone, iPad dan iPod Touch tanpa melalui iTunes. OTA Update dapat anda lihat di aplikasi Settings.

Tetapi Jika iDevice anda telah di jailbreak, biasanya Developer jailbreak menghilangkan opsi OTA update yang ada di aplikasi Settings, karena jika anda melakukan Upgrade via OTA biasanya iDevice tidak akan sempurna. Alasannya adalah karena teknik OTA update hanya mengganti file penting untuk firmware terbaru tidak mengganti semua file dan fitur yang ada di stock firmware.

Saya sarankan jika anda ingin melakukan jailbreak iDevice maka ketika akan Restore/upgrade sebaiknya lakukan di iTunes dengan menggunakan iOS firmware ipsw yang dapat anda download disini. Selain itu juga jika anda melakukan upgrade via OTA dapat menyebabkan error/stuck di boot logo Apple atau iDevice anda tidak terdeteksi di iTunes

P
Permanents Unlock: Unlock iPhone yang tidak akan hilang (permanen) walaupun setelah di restore di iTunes secara normal dan baseband/OS anda terupdate sehingga dapat menggunakan provider di seluruh dunia. Teknik unlock ini tidak memerlukan jailbreak biasanya anda akan dimintai IMEI iDevice anda berlaku untuk iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S akan tetapi proses unlock ini berbayar.
PwnageTool: Alat jailbreak yang diciptakan oleh iPhone Dev-Team untuk membuat kustom firmware di Mac (sama halnya dengan sn0wbreeze untuk Windows)
Pwned DFU: Tahap untuk memasuki DFU mode sebelum restore menggunakan kustom firmware

R
RecBoot: Alat jailbreak untuk memasuki dan mengeluarkan iDevice anda dari Recovery Mode
Recovery Loop: iDevice terjebak dalam mode recovery dan tidak bisa memasuki sistem (homescreen)
Redsn0w: Alat jailbreak yang diciptakan oleh iPhone Dev-Team, selengkapnya baca disini
Restore/Recovery Mode: Cara restore standar yang dilakukan langsung di iTunes tanpa menggunakan alat jailbreak.

S
SAM: Alat untuk mengaktifkan Push Notification yang biasanya dilakukan pada iDevice yang hacktivate.
Saved SHSH: Sertifikat restore yang sudah di simpan, agar iDevice anda bisa di downgrade ke firmware yang lebih rendah untuk lebih jelasnya bisa anda baca disni.
Semi-tethered jailbreak: Keadaan dimana iDevice anda harus di Boot tethered, karena dalam keadaan ini iDevice anda yang sudah di jailbreak tidak bisa membuka aplikasi-aplikasi cydia, hanya bisa membuka aplikasi-aplikasi standar (Phone, SMS, Safari dll)
Shift Restore: Teknik Restore yang dilakukan di Windows, yaitu tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian klik tombol Restore di iTunes untuk memilih firmware.ipsw standar maupun Kustom firmware.
SHSH: Sertifikat restore yang digunakan ketika Restore (Upgrade atau Downgrade) firmware iDevice anda.
Sn0wbreeze: Alat jailbreak yang dibuat oleh ih8sn0w untuk Windows dan mempunyai fungsi yang sama dengan PwnageTool pada Mac yaitu untuk membuat kustom firmware. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca disni.
Spirit: Alat jailbreak yang diciptakan oleh Comex untuk jailbreak iOS 3.1.3 di Windows dan Mac pada iDevice yang sudah di aktivasi.
SSH: Aplikasi cydia yang harus anda install untuk dapat mengakses sistem file iDevice di komputer dengan menggunakan suatu aplikasi diantaranya i-Funbox (Windows dan Mac OSX) Cyberduck (Mac OSX)

J
JailbreakMe: Alat jailbreak yang diciptakan oleh comex untuk jailbreak iOS 4.0/4.0.1 yang sudah diaktivasi. Teknik jailbreak ini yang paling mudah dilakukan karena anda tinggal membuka aplikasi Safari di iDevice kemudian masuk ke www.jailbreakme.com dan proses jailbreak akan dilakukan.

T
Tethereed jailbreak: Anda harus melakukan boot tethered iDevice anda untuk memasuki sistem (homescreen) setiap kali iDevice anda mati (habis baterai)
Tiny Umbrella: Alat jailbreak yang diciptakan oleh Semaphore untuk menyimpan SHSH iDevice agar bisa melakukan upgrade, downgrade iDevice. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengeluarkan iDevice dari mode Recovery.

U
Ultrasn0w: Apikasi cydia yang diciptakan oleh iPhone Dev-Team untuk melakukan unlock iDevice pada baseband tertentu.
Untethered Jailbreak: kebalikan dari Tethered jailbreak, yaitu anda tidak perlu melakukan boot tethered ketika iDevice anda mati, karena dengan untethered iDevice mampu memasuki sistem.

Itulah daftar istilah yang perlu diketahui dalam jailbreak, jika anda mempunyai pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan silahkan melalui kolom komentar dibawah.