Powered by Blogger.

Sunday, January 1, 2012

Apa Pengertian Jailbreak iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV


Jailbreak iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV sangat familiar di telinga kita semua, terutama ini berlaku terhadap produk Apple yang tidak Open Source seperti yang lainnya (Android), yang berarti penggunaan kita terhadap suatu produk Apple sangat di batasi dan oleh karena hal itulah lahir apa yang dinamakan Jailbreak.
Tetapi sebenarnya apakah kita tahu apa sebenarnya pengertian dari jailbreak itu sendiri? Pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk menjelaskan arti dasar dari Jailbreak itu sendiri, jika anda sudah mengetahui dan mengerti arti dari jailbreak, mungkin artikel ini tidak begitu membantu tetapi mungkin anda dapat berbagi wawasan dengan kita melalui komentar, kritik dan saran anda. Tetapi jika anda tidak atau belum mengerti apa arti dari jailbreak, maka saya sarankan untuk terus membaca artikel ini karena anda akan mendapatkan pelajaran singkat tentang apa sebenarnya yang disebut jailbreaking iPhone? apakah jailbreak itu legal? mengapa kita harus jailbreak iPhone kita? apa alasannya?

Catatan: Jika anda kurang faham istilah-istilah yang digunakan, anda dapat membacanya disini.

Apa yang di maksud Jailbreak?
Jailbreak berarti menginstall suatu program yang dapat menghapus batasan yang di berlakukan oleh Apple, dengan cara memodifikasi firmware iPhone, iPad, iPod Touch ataupun Apple TV yang memungkinkan suatu kode tidak resmi (unsigned code) bisa masuk dan memiliki akses ke file-file milik Apple. Program atau installer tersebut yang biasa dikenal dengan sebutan Cydia atau Icy. Dengan adanya Cydia anda dapat menginstall aplikasi-aplikasi pihak ke-3 yang tidak tersedia di AppStore.


iDevice yang sudah di jailbreak akan mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak di ijinkan oleh apple seperti tema dan aplikasi pendukung lainnya. Jailbreak tidak akan membuat iDevice anda menjadi lambat, atau menjadikan baterai anda boros dan anda masih bisa menggunakan aplikasi-aplikasi resmi bawaan Apple yang sudah ada ataupun yang baru anda download dari AppStore. Jailbreak berarti memungkinkan anda untuk mengekplor lebih jauh iDevice anda dan anda bisa lebih kreativ.

Apakah Jailbreak itu legal?
Untuk kita yang berada di Indonesia, saya belum menemukan hukum yang jelas tentang Jailbreaking atau Unlocking apakah legal atau ilegal, tetapi di Amerika sendiri Jailbreak dan unlock adalah legal termasuk iPhone.(DMCA exemption in 2010 for jailbreaking cell phones, including the iPhone.)

Mengapa harus Jailbreak iPhone anda?
Melalui jailbreak anda dapat menginstall aplikasi yang tidak diijinkan oleh Apple, kebanyakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sangat berguna tetapi sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan pernah masuk ke AppStore karena adanya pembatasan dari pihak Apple untuk sebuah aplikasi.

Banyak sekali alasan mengapa and harus men-jailbreak iDevice anda, berikut beberapa alasan yang akan membuat anda jatuh cinta akan jailbreak:
  1. Anda akan mampu mengintall aplikasi pihak ke-3 yang di tolak Apple karena bermacam-macam alasan.
  2. Anda dapat mempunyai tema untuk iDevice yang secara resmi tidak dimiliki oleh Apple.
  3. Anda akan mampu tethering (Menjadikan iPhone anda sebagai Modem)
  4. Berikut salah satu alasan yang paling banyak untuk men-jailbreak iDevice, yaitu anda akan mampu untuk menginstall aplikasi berbayar secara gratis (cracked apps), yang secara resmi anda harus beli di AppStore dengan aplikasi pihak ke-3 yang disebut Install0us
  5. Anda akan mampu untuk melakukan unlock iPhone.
  6. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat ScreenShot atau Video di bawah.
Mengapa anda tidak melakukan jailbreak pada iDevice anda?
Menurut pendapat saya satu-satunya alasan yang menyebabkan anda memutuskan untuk tidak melakukan jailbreak iDevice anda adalah karena anda berpendapat bahwa dengan Jailbreak akan menghapus garansi yang anda dapatkan ketika anda membeli iDevice anda. 

Hal inilah yang ingin saya luruskan, sebenarnya jailbreak itu sendiri tidak akan mengganggu atau menghapus garansi iDevice anda jikalau anda perlu membawa iDevice anda untuk melakukan klaim garansi, yang anda perlukan hanyalah melakukan restore iDevice anda di iTunes, tetapi sebelumnya anda lakukan back-up iDevice anda terlebih dahulu di iTunes, backup dilakukan untuk menyimpan data yang ada di iDevice anda (Contacts, Aplikasi, pengaturan dll) agar setelah melakukan restore dapat anda kembalikan lagi. Setelah melakukan backup anda dapat melakukan restore iDevice anda di iTunes untuk kembali ke keadaan semula ketika anda membeli (factory settings). Hal ini tidak mungkin bisa terdeteksi oleh Apple, dan tidak akan mempengaruhi garansi yang anda miliki.

Mungkin pada awal adanya jailbreak, ada beberapa metode yang kurang stabil. Tetapi metode jailbreak yang ada sekarang seperti absinthe, redsn0w, sn0wbreeze, dll sangat stabil dan saya tidak pernah mendengar bahwa iDevice yang sudah di jailbreak megalami kerusakan, dengan kata lain Jailbreak sangat aman untuk dilakukan!

Bagaimana caranya untuk melakukan jailbreak iDevice?
Di dalam blog ini sudah banyak tutorial tentang bagaimana untuk menlakukan jailbreak iDevice anda (iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV) tergantung pada apa iDevice yang anda gunakan dan versi firmware yang di pakai. Anda bisa baca semuanya di sini, ikuti intruksi nya dan enjoy!.

Anda tidak perlu memiliki gelar sarjana ilmu komputer untuk bisa melakukan jailbreak, yang anda perlukan hanyalah komputer dan koneksi internet. Semuanya sangat mudah dan sederhana, cuma perlu download file-file nya, kemudian klik "next" dan voila anda bisa jailbreak iDevice anda!!

Jika anda perlu bantuan, saran, ataupun ingin berbagi pengalaman silahkan sampaikan melalui komentar di bawah, atau bisa melalui twitter dan facebook kita.

Bagaimana Jika Saya Mengalami Kesalahan?
Kesalahan dalam proses jailbreak sangat kecil kemungkinannya tetapi jika anda mengalami masalah, langkah yang anda perlukan hanyalah menyambungkan iDevice anda ke komputer dan buka iTunes kemudian klik restore. seperti yang sudah saya jelaskan di atas iDevice anda akan kembali ke keaadaan awal ketika anda membeli (factory settings). Saran saya adalah ketika anda akan melakukan jailbreak yang anda perlukan hanyalah hati-hati dan fahami langkah-langkah yang ada di tutorial tersebut.

Mengapa anda masih membaca artikel ini??
Ups!! anda masih belum yakin pada semua keunggulan jailbreak? atau anda belum yakin untuk melakukan jailbreak pada iDevice anda? anda hanyalah menyia-nyiakan waktu anda, iDevice yang tidak di jailbreak itu sangat membosankan, berdsarkan pengalaman saya hanya dalam waktu 1-2 minggu saja atau paling lama satu bulan anda akan sangat merasa bosan! jailbreak adalah sesuatu yang sangat baik dan menguntungkan. Di samping itu dengan iDevice yang telah di jailbreak anda akan mampu untuk meningkatkan kreativitas dan seni anda karena menurut saya jailbreaking adalah seni dan tidak ada batasan dari siapapun tergantung dari keinginan anda untuk menggali lebih dalam dan lebih jauh dan inilah yang menyebabkan saya jatuh hati pada iOS Device di banding dengan hape lainnya:)

Silahkan lihat video dan screenshot berikut ini, anda akan mampu membedakan antara iDevice yang sudah di jailbreak dan iDevice original.

Video berikut adalah salah satu alasan mengapa anda harus melakukan Jailbreak pada iDevice anda, video ini berasal dari cadsii yang menunjukkan 100 alasan untuk melakukan jailbreak. 


Berikut beberapa screenshot untuk membandingkan iDevice yang sudah di jailbreak dan yang belum di jailbreak:
* SBSettings
* WinterBoard untuk tema iDevice
* iDevice dengan tampilan original (belum Jailbreak)
Jika anda ingin screenshot dari tampilan iDevice anda untuk tema, icon atau apapun dan ingin di upload disini dan berbagi silahkan anda bisa kirim lewat email, twitter, facebook ataupun bisa melalui kolom komentar di bawah..

Description: Apa Pengertian Jailbreak iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV
Rating: 4.5
ItemReviewed: Apa Pengertian Jailbreak iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV
JUST STAY IN TOUCH!
Cara-Jailbreak UPDATES!

  ©Cara Jailbreak iOS 2013 by uMMa uRban | This website is not affiliated with Apple.